Microsoft Word 2003
Mengenal Microsoft Word 2003
Microsoft Word adalah aplikasi sebuah
program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft
Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk
kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel,
brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang
tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus
matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan
variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.
Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang
popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS),
WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai
program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih
familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.
B. Cara Mengaktifkan Microsoft Word
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop
C. Mengenal Layar Kerja MS Word
1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon)
Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.
2. Baris Judul (Title Bar)
Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word
3. Tombol Ukuran (Sizzing Button)
Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran :
a. Minimize Button : Untuk memperkecil ukuran jendela word
b. Maximize Button : Untuk memperbesar ukuran jendela word
c. Restore Button : Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d. Close/Exit Button : Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word
5. Baris Toolbar (Tool bar)
Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.
a. Toolbar Standar
Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.
b. Toolbar Formating
Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.
6. Rulers
Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.
7. Area Pengetikan
Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter
8. Kursor
Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.
9. Task Pane
Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.
10. Scroll Bar
Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK
11. Status Bar
Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.
B. Cara Mengaktifkan Microsoft Word
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop
C. Mengenal Layar Kerja MS Word
1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon)
Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.
2. Baris Judul (Title Bar)
Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word
3. Tombol Ukuran (Sizzing Button)
Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran :
a. Minimize Button : Untuk memperkecil ukuran jendela word
b. Maximize Button : Untuk memperbesar ukuran jendela word
c. Restore Button : Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d. Close/Exit Button : Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word
5. Baris Toolbar (Tool bar)
Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.
a. Toolbar Standar
Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.
b. Toolbar Formating
Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.
6. Rulers
Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.
7. Area Pengetikan
Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter
8. Kursor
Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.
9. Task Pane
Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.
10. Scroll Bar
Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK
11. Status Bar
Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya
Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar diwabah ini. ..
Title bar berisi nama file yang sedang
dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan jendela
program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore,
dan Close. Menu bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat
sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh pada Gambar 2,
perintah File mempunyai sub-sub perintah yang berkaitan dengan dokumen,
misalnya membuat dokumen baru (Open), mengatur properti dokumen (Page
Setup), dan sebagainya.
- Title bar
- Menu bar
- Toolbar standar
- Ruler
- Status bar
- Toolbar gambar
- Task pane

Tool bar berisi tombol-tombol yang
berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan.
Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari perintah File >
Open, atau tool Print merupakan shortcut dari perintah File > Print.
Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal,
yaitu di atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri
dokumen. Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak
halaman. Task pane merupakan fasilitas yang berisi rangkuman perintah
yang sering digunakan dalam pengeditan dokumen. Bagian di dalam jendela
Task Pane terdiri atas 13 bagian, yaitu Getting Started, Help, Search
Results, Clip Art, Research, Clipboard, New Dokument, Shared Workspace,
Document Updates, Protect Document, Styles and Formatting, Reveal
Formatting, Mail Merge, dan XML Structures. Status bar adalah baris
horizontal yang menampilan informasi jendela dokumen yang sedang
ditampilkan, antara lain (Gambar 3):
- Page number: menampilkan informasi halaman.
- Sec: menampilkan section dokumen.
- Number/number: menampilkan nomor halaman dan total halaman berdasarkan fisik halaman di dalam dokumen. Sebagai contoh, 4/13 artinya halaman 4 dari total 13 halaman.
- At: menampilakn jarak dari atas halaman pada titik sisip.
- Ln: menampilkan baris dari teks tempat titik sisip diposisikan.
- Col: menampilkan jarak dari baris kiri ke posisi titik sisip. Jarak ditentukan dengan jumlah karakter.
Untuk mengatur jenis tampilan dokumen, pilih salah satu submenu di dalam menu View. Beberapa tampilan tata letak yaitu:
- Normal: memberikan tampilan sesuai format yang diterapkan pada teks.
- Print Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat dicetak.
- Web Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser.
- Outline: memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen.
Membuat, menyimpan, menutup, dan membuka dokumen, Untuk membuat dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut:
- Klik menu File > New sehingga muncul jendela Task Pane yang menampilkan bagian New Document.
- Setelah itu, pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)
- Di dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document (Gambar 4) yang befungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.

Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur
properti terlebih dahulu. Pengaturan properti mempengaruhi hasil
cetakan. Pengaturan properti dapat dilakukan dengan menggunakan perintah
File > Page Setup sehingga muncul kotak dialog Page Setup (Gambar
5). Kotak dialog ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Margins, Paper, dan
Layout.
Margins: untuk menentukan batas atas
(Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada
juga orientasi kertas. Gambar 5 menunjukkan margin halaman.
Paper Size: untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan unkuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height secara default, satuan yang digunakan pada ruler maupun margin adalah inchi. Untuk mengubahnya ke centimeter, klik menu Tools > Options sehingga muncul kotak dialog Options (Gambar 6). Pilih tab General. Pada bagian Measurements Units, gantilah satuan ke Centimeters.
Paper Size: untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan unkuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height secara default, satuan yang digunakan pada ruler maupun margin adalah inchi. Untuk mengubahnya ke centimeter, klik menu Tools > Options sehingga muncul kotak dialog Options (Gambar 6). Pilih tab General. Pada bagian Measurements Units, gantilah satuan ke Centimeters.
- TOP
- RIGHT
- LEFT
- BOTTOM
Untuk menyimpan dokumen baru, secara
default nama dokumen yang dibuatakan berurutan, yaitu Document 1,
Document 2, Document 3, dan seterusnya. Cara untuk menyimpan dokumen
adalah sebagai berikut:
Klik menu File > Save atau File > Save As sehingga muncul kotak dialog Save As (Gambar 7).
Klik menu File > Save atau File > Save As sehingga muncul kotak dialog Save As (Gambar 7).
Gambar 7. Kotak dialog Save As
- dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
- Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
- File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
- Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
- Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
- Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik menu File > Save.
- Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik
- File > Save As sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru.
- Apabila dalam menyimpan dokumen, nama yang digunakan sama dengan nama yang sudah ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi seperti pada
Gambar 8 akan muncul.
- Replace exiting file: menimpa file yang sudah ada dengan dokumen baru.
- Save change with a different name: menyimpan dokumen baru dengan nama lain.
- Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada.
- Setelah selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu:
- Klik menu File > Close.
- Klik tombol Close Window yang terdapat di dalam Title Bar.
- Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut:
- Klik menu File > Open.
- Klik tombol Open yang terdapat di dalam Tool Bar.
- Sehingga muncul kotak dialog open (Gambar 9), kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.

E. Menuliskan dan memformat teks dan paragraf
Pengetikan teks dimulai dari titik sisip
(titik iterasi). Titik sisip dapat dilihat dari garis hitam yang
berkedip di dalam halaman dokumen. Dalam mengetikkan teks, penekanan
tombol Enter pada keyboard akan membuat paragraf baru. Untuk membuat
hasil yang maksimal, maka diperlukan pemformatan karakter, seperti
menentukan jenis huruf, tipe huruf, ukuran huruf, dan lainnya.
Pemformatan karakter dapat diterapkan
sebelum ataupun sesudah pengetikan. Klik menu Format > Font untuk
melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font seperti pada
Gambar 11.
- Font: untuk menentukan jenis huruf yang digunakan.
- Font Style: menentukan tipe huruf, yaitu Regular (biasa), Italic (miring), Bold (tebal), dan Bold Italic (tebal dan miring).
- Size: menentukan ukuran huruf.
- Font Color: menentukan warna huruf.
- Effects: untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks.
- Preview: menampilkan contoh hasil pengaturan format teks.

Selain pemformatan huruf, juga ada pengaturan paragraf. Perataan paragraf ada empat macam, yaitu rata kiri , rata tengah , rata kanan , dan rata kiri kanan .
Contoh penggunaan perataan paragraf:
Rata kiri:
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah
kata.Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya
tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
Rata tengah:
Microsoft Word (MS Word) merupakan
program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis
dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
Rata kanan:
Microsoft Word (MS Word) merupakan
program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis
dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
Rata kiri kanan (justified):
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
Pengaturan spasi baris adalah pengaturan jarak antarbaris di dalam
paragraf. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan tombol Line Spacing .
Contoh Penggunaan Line Spacing.Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
Pengaturan spasi baris dengan nilai Single Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
Pengaturan spasi baris dengan nilai Double Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
Menyisipkan tabulasi juga sering digunakan dalam membuat dokumen. Contoh penggunaannya dapat dilihat pada Gambar 11.
Cara paling mudah dalam menggunakan
tabulasi adalah dengan memposisikan pointer pada Ruler kemudian klik
pointer sehingga muncul simbol tabulasi. Untuk menghapus tabulasi, seret
simbol tabulasi keluar Ruler. Ada lima alignment yang dapat dipilih,
yaitu Left , Center , Right , Decimal dan Bar .
E. Mengedit teks
Pengeditan teks yang dapat dilakukan antara lain, memilih, menghapus, menggandakan, dan sebagainya.
F. Memilih karakter, kata, baris, dan paragraf
Karakter yang terpilih akan ditandai
dengan kotak hitam yang menutupinya dan warna karakter akan berubah
terang. Untuk memilih karakter yang berurutan, posisikan pointer di
belakang karakter pertama, tekan mouse, kemudian seret ke arah
karakter-karakter yang dipilih. Untuk kata-kata yang tidak berurutan,
tekan tombol Control pada keyboard sebelum berpindah ke kata yang
berikutnya. Untuk memilih satu baris, posisikan pointer di sebelah kiri
baris sehingga pointer berubah menjadi tanda anak panah, kemudian klik
hingga baris tersebut terplih. Untuk memilih satu paragraf, posisikan
pointer di atas sembarang teks di dalam paragraf, kemudian klik tiga
kali maka seluruh paragraf akan terpilih. Dan untuk memilih seluruh
karakter, klik menu Edit > Select All.
G. Menghapus karakter
- Penghapusan karakter dapat menggunakan tombol Del dan Backspace pada keyboard. Perbedaan diantara keduanya adalah:
- Apabila titik sisip berada di belakang karakter yang akan dihapus, gunakan tombol Del pada keyboard.
- Apabila titik sisip berada di depan karakter yang dihapus, tekan tombol Backspace pada keyboard.
H. Menggunakan perintah Copy, Cut, dan Paste
Perintah Copy dan Paste mempunyai
kaitan. Perintah Copy digunakan untuk menggandakan karakter yang
terpilih untuk kemudian menempatkannya pada posisi lain, perintah Paste
adalah untuk menempatkan hasil pengoperasian perintah tersebut ke tempat
yang baru. Perintah Cut digunakan untuk memotong karakter yang terpilih
untuk kemudian dipindahkan. Perintah Cut juga memerlukan perintah Paste
untuk menempatkan hasil ke tempat yang baru. Bedanya dengan perintah
Copy adalah perintah Cut akan menghapus karakter yang berada pada posisi
aslinya, sedangkan perintah Copy tidak menghapus karakter pada posisi
asli. Perintah Copy, Cut, dan Paste juga berlaku antar dokumen.
I. Menggunakan perintah Undo dan Redo
Perintah Undo digunakan untuk mengembalikan aksi yang telah dilakukan ke aksi sebelumnya. Sedangkan Redo adalah sebaliknya.
J. Penomoran dan penandaan
Seringkali di dalam dokumen dijumpai penulisan teks dengan penomoran
(numbering) dan penandaan (bullet). Program MS Word menyediakan
fasilitas Bullet and Numbering untuk membuat variasi teks. Perhatikan
contoh penggunakan penomoran dan penandaan:
Contoh penandaan
Produk MS Office antara lain:
Produk MS Office antara lain:
- MS Word
- MS Excel
- MS Power Point
Produk MS Office antara lain:
- MS Word
- MS Excel
- MS Power Point
K. Menggunakan tabel
Pada umumnya, penyisipan tabel ke dalam dokumen berfungsi untuk
mendukung penjelasan/uraian dokumen. Untuk membuat tabel, klik menu
Table > Insert > Table sehingga muncul kotak dialog Insert Table- Number of columns: untuk menentukan jumlah kolom, sebagai contoh
- Number of rows: untuk menentukan jumlah baris, sebagai contoh isikan 3.
- AutoFit Bahavior: untuk pengaturan lebar kolom.
- Teks dapat langsung diketikkan di dalam sel tabel. Hasil dari contoh akan membuat tabel seperti dibawah ini:

Tabel dapat diatur propertinya untuk
menyesuaikan tampilannya, misalnya mengatur tampilan garis, memberi
warna sel, mengatur posisi, dan lainnya. Contoh tabel dibawah ini adalah
tabel yang telah diberi variasi:
Variasi pada tabel tersebut dapat dibuat
dengan menggunakan berbagai macam fasilitas yang ada pada View > Tool
Bars > Tables and Borders.
Menyisipkan objekMenyisipkan gambar
Gambar dapat disisipkan ke dalam dokumen. Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan gambar (clip art) yang telah disediakan program MS Word. Untuk menyisipkannya, klik menu Insert > Picture > Clip Art. Pada bagian Search for di Task Pane, ketikkan kata petunjuk yang berkaitan dengan gambar, contohnya animals. Maka akan didapat hasil gambar seperti pada contoh di bawah ini:
Untuk menyisipkan gambar, klik pada gambar yang diinginkan. Lihat contoh penyisipan gambar kedalam dokumen.
Sumber: http://jurnaltik.wordpress.com/tik-kelas-x/7-microsoft-word-2003/
Posting Komentar